Perancangan Media Interaktif Informasi Mekanisme Pengiriman Sampel Di PT. Semarang Garment
Kata Kunci:
Media Interaktif, Mekanisme, Pengiriman Sampel, Booking EkspedisiAbstrak
PT. Semarang Garment perusahaan manufaktur pembuatan pakaian jadi.Beralamat di Jl. Soekarno Hatta KM. 25, Wujil, Bergas, Krajan Kidul, Wujil, Semarang, Jawa Tengah. Memproduksi berbagai jenis pakaian olahraga seperti t-shirt, pant, sport bra, tank top, trousers, hoody, dan berbagai jenis garment lainnya. Produk- produk tersebut merupakan order dari berbagai buyer kenamaan seperti Nike, Adidas, Fanatics, H&M dan masih banyak buyer lainnya. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) semakin hari semakin pesat.Perkembangan tersebut disebabkan karena tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang.Seperti dalam bidang multimedia, media interaktif sangatlah bermanfaat sebagai media menyampaikan suatu informasi tertentu. Media interaktif merupakan produk dan layanan digital pada sistem berbasis komputer yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten seperti teks, gambar bergerak, animasi, video serta audio. Pada PT. Semarang Garment sebagai tahap awal sebelum adanya pengiriman order besar, diperlukan pengiriman contoh produk atau sampel yang diminta oleh buyer pada divisi-divisi tertentu, kemudian disampaikan pada divisi exim untuk dilakukan proses pengiriman. Sampai saat ini media yang digunakan untuk memahami mekanisme pengiriman sampel adalah masih menggunakan modul berupa catatan dan dengan metode konvensional kurang maksimal dan efektif. Melihat dari permasalahan di atas, penulis berupaya membuat sebuah media interaktif yaitu dibuatnya media interaktif informasi mekanisme pengiriman sampel. Dalam media interaktif ini berisi penjelasan yang menarik tentang bagaimana proses pembuatan dokumen, tahap booking hingga tahap packing. Dengan dibuatnya media interaktif ini penulis berharap semoga mempermudah para karyawan dalam memahami prosedur pengiriman sampel.